Selasa, 19 April 2011

Cara Mudah Jailbreak iPod dan iPhone dengan Redsn0w 0.9.6RC9 Untethered

Jailbreaking susah tidak? Kalau iPhone, iPod, iPad di-jailbreak jadi rusak tidak?
Cara Jailbreak iPod, iPhone atau iPad tidak sesulit yang anda bayangkan. Jailbreak itu seperti menambahkan program baru alias menambahkan ‘kemampuan’ baru ke iOS device anda sehingga selain dapat (tetap) menginstall dan menjalankan aplikasi yang resmi dari Apple app Store, jailbreaked device anda juga bisa di-instal aplikasi bajakan/crack, untuk unlock iPhone dan bisa mencoba aplikasi yang dilarang di App Store. Setelah jailbreak, aplikasi dan data sebelum jailbreak anda akan tetap aman tersimpan. Ingat jailbreak itu menambah bukan mengurangi.
Anda pun tidak perlu khawatir akan terjadi error atau iPhone anda jadi rusak karena di-jailbreak. Tidak ada satupun masalah yang terjadi dalam proses Jailbreaking yang tidak bisa diatasi, segalanya sudah tersedia. Begitu pun anda tidak perlu khawatir garansi iPod, iPhone atau iPad anda jadi hilang karena melakukan Jailbreaking karena anda selalu bisa restore iOS device anda seperti sedia kala melalui iTunes, so there’s nothing to worry about. Jailbreak itu aman 1.100 persen. Sumpah!
Saya ingin jailbreak iPod touch dan iPhone, bagaimana caranya?
Tidak lama setelah Apple merilis iOS 4.3.1 untuk iPhone 4, iPhone 3GS, iPad dan iPod touch 4G/3G, jailbreak untuk iOS 4.3.1 terbaru, tethered maupun untethered muncul. Untethered Jailbreak antara lain melalui Redsn0w dan PwnageTool. Jailbreaking tools ini compatible untuk semua Apple device yang sudah menggunakan firmware iOS 4.3.1 kecuali iPad 2.
Kali ini kita akan mencoba men-jailbreak iOS 4.3.1 menggunakan Redsn0w 0.9.6RC9 Untethered. Mungkin anda masih bingung apa itu tethered dan untethered atau istilah lain yang nanti muncul seperti Cydia dll. Yang penting anda tau dulu ada istilah seperti itu, setelah jailbreak insya Allah anda akan mengerti itu semua.
Cara Jailbreak iOS 4.3.1 melalui Redsn0w 0.9.6RC9 Untethered
1. Siapkan iPod/iPad/iPhone yang ingin anda jailbreak, usb cable bawaan iPhone, komputer desktop atau laptop dan koneksi internet yang lumayan kencang. Anda bisa melakukan ini melalui Windows OS atau Mac OS X.
2. iTunes anda sudah mesti versi terbaru, iTunes 10.2.1 untuk Windows dan Mac OS X. Bila belum silahkan upgrade dulu. Begitupula iPhone atau iPod touch anda sudah harus menggunakan firmware terbaru 4.3.1. Kalau belum silahkan upgrade iOS anda melalui iTunes. Hubungkan iPhone, iPad atau iPod touch anda ke komputer melalui USB dan buka iTunes. Untuk upgrade iPhone ke firmware terbaru klik tombol ‘Download and Install’ untuk Mac OS X atau klik ‘Download and Update’ untuk Windows.
3. Silahkan download iOS 4.3.1 dan pilih device anda apakah iPhone 4 (GSM), iPhone 3GS, iPad 2 WiFi, iPad 2 GSM, iPad 2 CDMA, iPad, iPod touch 3G atau iPod touch 4G.
4. Silahkan download redsn0w untuk Windows apabila anda menggunakan Windows atau untuk Mac bila anda akan melakukan jailbreak dengan komputer Mac. Pilih redsn0w 0.9.6rc9 atau yang barusan di update redsn0w_0.9.6rc11
4. Setelah download firmware yang cocok untuk device anda dan redsn0w kini waktunya anda memulai proses jailbreak.
Buka file redsn0w yang sudah anda download tadi dan jalankan. Screenshot berikut akan memperlihatkan jailbreak yang dilakukan melalui Mac OS X. Bila anda melakukannya di Windows tampilannya tidak akan jauh berbeda.
5. Setelah redsn0w jalan silahkan browse dan pilih firmware iOS 4.3.1 yang sudah anda download tadi. Setelah muncul ‘IPSW successfully identified’ klik ‘Next’.
6. Selanjutnya akan muncul jendela seperti di bawah dimana secara default anda akan menginstall Cydia. Klik ‘Next’.
7. Pastikan iPhone, iPad atau iPod touch anda sudah dimatikan dan sudah terhubung dengan komputer sebelum mengklik ‘Next’. Selanjutnya akan muncul on-screen guide agar device anda berada di DFU mode, tekan dan tahan tombol power lalu tekan dan tahan tombol home selama 10 detik lalu lepaskan tombol power tanpa melepas tombol home selama 15 detik. Secara otomatis device akan masuk ke mode DFU.
8. Proses jailbreak dengan redsn0w akan berjalan selama 10 menit. iPhone, iPad atau iPod anda akan restart secara otomatis yang menandakan bahwa device anda sudah ter-jailbreak dengan sukses menggunakan iOS 4.3.1 terbaru.
Bila anda mengalami masalah selama proses jailbreak silahkan tingalkan pesan di komentar di bawah. Yang jelas jailbreak iphone/ipod/ipad adalah suatu keharusan, merugilah anda yang tidak melakukannya :) .
Tambahan:
Kelemahan atau kekurangannya setelah iOS kita di-jailbreak saya kira tidak ada. Justru ipod touch, iphone dan ipad kita jadi lebih punya kelebihan dibandingkan yang tidak dijailbreakCuman mesti hati-hati saja!! setelah jailbreak, anda akan semakin lengket dengan iOS device anda.
sumber : Alhamsyah Blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar